Calendar

September 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 << < > >>
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Announce

Who's Online?

Member: 0
Visitor: 1

rss Syndication

05 Jan 2016 - 06:59:39 am

Teknik Menyeleksi Keris yang Cantik

Agar tdk tertipu untuk usaha meraih keris, kudu dipahami lalu tidak semata keris yang tampilannya berdasar pada awam menawan, dengan garapan yang rumit, dan uraian mempunyai perhitungan yang menjulung.


Klasfikasi bertolak pada Waktu Pembuatan




Berdasarkan ruang pembuatan muncul beberapa pengertian penyebutan tentang keris. Yang pertama berkaitan dengan penangguhan dan yang kedua memutus berdasar periode dan segar.


Konsep Penangguhan


Dari rujukan keris kuno yang terdapat, secara konsep muncul dua konsep yang dianut sama kalangan penggemar/pemerhati keris, Pengertian Penangguhan baru dengan memberi keris di penangguhan Terlambat (masa dahulu kerajaan Mataram Kuno sampai berdirinya Pemerintahan Kahuripan, gaib juga dikenal sebagai Tangguh Purwocarito), Madya Kuno (Masa Kerajaan Singosari, Wana, Kediri) Sepuh Tengah (Masa Kerajaan Pajajaran, Majapahit, Blambangan), Tengahan (Masa Kerajaan Pengging, Demak, Memampangkan, sampai Mataram Sultan Agung) dan Nom (Masa Pihak berkuasa Kartosuro, Surakarta, Yogyakarta cukup pertengahan masa XIX). Konsep Penangguhan Kedua terkait perihal berdirinya pihak berkuasa dan lokasi (sekilas sanggup dilihat dalam tulisan sebelumnya).




Konsep Keris Lama & Baru


Bertolak pada konsep ini keris dibagi menjadi dua golongan luas, yaitu Keris lama yang terdiri bagi keris tua bangka dan nem-neman, dan Keris baru. Penggolongan keris lama adalah Keris yang dibentuk sebelum simpulan abad XIX dan Keris baru merupakan keris yang dibuat sesudah pertengahan era XIX. Yang disebut Keris tua dan nem-neman otonom ada beberapa pendapat, renggangan lain kalau yang dibilang keris renta adalah Keris yang disusun pada sekiranya kerajaan Majapahit dan sebelumnya. Pendapat unik menyatakan jika keris yang dibuat saat masa pemerintahan Mataram Tua-tua Agung & sebelumnya sanggup dikelompokkan guna keris uzur. Pada prinsipnya dengan kondisi fisik yang sama keris lambat secara biasa nilainya semakin tinggi dr keris baru.


Klasifikasi berdasarkan keaslian (originality)


Berdasarkan pengertian ini member mengenal Keris asli (utuh dan gak utuh), Keris besutan dan keris owah-owahan. Keris sempurna adalah Keris yang tidak melakoni perubahan kerangka pada bilah yang bisa menyebabkan regenerasi dhapur serta juga tdk mengalami penambahan pamor yang dilakukan di rentang waktu yang jauh sesudah keris oleh sebab itu. Penggantian ganja keris sedang dapat dianggap tidak menghilangkan keaslian Keris, demikian juga dengan rezeki kinatah serta sinarasah.


Keris besutan bermula dari Keris lama yang karena memilikinya aus bahkan pada sebelah tajam Keris yang diproses menjadi siluman kembali tanpa merubah dhapur atau reputasi keris. Sesuai diketahui, bahwa logam pada keris lambat kadang di dalam sisi tajamnya membentuk sesuai keropos terpelajar atau istilahnya ngeron tebu. bagian tersebut yang dihaluskan dengan wujud untuk keindahan dan pun pengawetan. Perolehan dari besutan mengakibatkan utama bilah Keris menjadi kian ramping. Sekitar penggemar Keris kurang menerima proses ini, tetapi sekitar yang lain menyetujui dengan kausa untuk pelestarian keris, pokok kondisi ngeron tebu semakin lama bakal membuat Keris keropos dan patah.


Admin · 7277 views · Leave a comment

Permanent link to full entry

http://klikgayahiduppusat.sosblogs.com/The-first-blog-b1/Teknik-Menyeleksi-Keris-yang-Cantik-b1-p508.htm

Comments

No Comment for this post yet...


Leave a comment

New feedback status: Published





Your URL will be displayed.


Please enter the code written in the picture.


Comment text

Options
   (Set cookies for name, e-mail and url)