Calendar

June 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 << < > >>
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Announce

Who's Online?

Member: 0
Visitors: 2

rss Syndication

05 Jan 2016 - 06:39:29 am

Tips Memilih Keris yang Bagus

Agar bukan tertipu untuk usaha mendapatkan keris, mesti dipahami lalu tidak segenap keris yang tampilannya berdasar pada awam indah, dengan garapan yang payah, dan detail mempunyai prestise yang menjulung.


Klasfikasi berlandaskan Waktu Produksi


Berdasarkan zaman pembuatan tampak beberapa pola penyebutan terhadap keris. Yang pertama bertugas dengan penundaan dan yang kedua memisahkan berdasar lapuk dan trendi.


Konsep Penangguhan


Dari rujukan keris kuno yang ada, secara garis besar muncul dua konsep yang dianut sebab kalangan penggemar/pemerhati keris, Postulat Penangguhan baru dengan menderma keris pada penangguhan Kuno (masa prolog kerajaan Mataram Kuno sampai berdirinya Kerajaan Kahuripan, gaib juga dikenal Tangguh Purwocarito), Madya Kuno (Masa Kerajaan Singosari, Jenggala, Kediri) Sadur pewarna Tengah (Masa Kerajaan Pajajaran, Majapahit, Blambangan), Tengahan (Masa Kerajaan Pengging, Demak, Mempertontonkan, sampai Mataram Sultan Agung) dan Nom (Masa Pihak berkuasa Kartosuro, Surakarta, Yogyakarta sampai pertengahan masa XIX). Saran Penangguhan Kedua terkait peluang berdirinya pihak berkuasa dan daerah (sekilas bisa dilihat saat tulisan sebelumnya).


Konsep Keris Lama serta Baru




Berlandaskan konsep yang ada keris dibagi menjadi 2 golongan besar, yaitu Keris lama yang terdiri buat keris renta dan nem-neman, dan Keris baru. Penggolongan keris lelet adalah Keris yang disusun sebelum selesai abad XIX dan Keris baru merupakan keris yang dibuat sesudah pertengahan kala XIX. Yang disebut Keris tua serta nem-neman otonom ada beberapa pendapat, rumpang lain kalau yang dikenal keris tua renta adalah Keris yang dibuat pada perihal kerajaan Majapahit dan sebelumnya. Pendapat lainnya menyatakan lalu keris yang dibuat pada masa rezim Mataram Tua-tua Agung dan sebelumnya sanggup dikelompokkan sebagai keris tua bangka. Pada prinsipnya dengan penetapan fisik yang serupa keris lapuk secara lazim nilainya lebih tinggi atas keris mutakhir.


Klasifikasi berdasar pada keaslian (originality)


Berdasarkan pola ini aku mengenal Keris asli (utuh dan tidak utuh), Keris besutan serta keris owah-owahan. Keris sah adalah Keris yang tidak melakoni perubahan bentuk pada buah yang sanggup menyebabkan reformasi dhapur serta juga bukan mengalami penambahan pamor yang dilakukan di rentang waktu yang jauh sehabis keris jadi. Penggantian ganja keris masih dapat dikatakan tidak mencabut keaslian Keris, demikian juga dengan penghargaan kinatah & sinarasah.




Keris besutan berasal dari Keris lama yang karena adanya aus paling utama pada muka tajam Keris yang diproses menjadi mendalam kembali tanpa merubah dhapur atau merek keris. Sebagaimana diketahui, jika logam pada keris periode kadang di sisi tajamnya membentuk setaraf keropos teliti atau istilahnya ngeron tebu. bagian berikut yang dihaluskan dengan tujuan untuk keindahan dan juga pengawetan. Perolehan dari besutan mengakibatkan standar bilah Keris menjadi semakin ramping. Sebagian penggemar Keris kurang merelakan proses yang ada, tetapi sebagian yang lain suka dengan alasan untuk pelestarian keris, karena kondisi ngeron tebu bertambah lama hendak membuat Keris keropos serta patah.


Admin · 5616 views · Leave a comment

Permanent link to full entry

http://klikgayahiduppusat.sosblogs.com/The-first-blog-b1/Tips-Memilih-Keris-yang-Bagus-b1-p507.htm

Comments

No Comment for this post yet...


Leave a comment

New feedback status: Published





Your URL will be displayed.


Please enter the code written in the picture.


Comment text

Options
   (Set cookies for name, e-mail and url)